June 27, 2012

membatik asik :)

Membatik di Museum Tekstil bersama Tessar Lo dan Jho Tan.

Saya akan mencoba menuliskan langkah-langkahnya di bawah, sebetulnya lebih sebagai pengingat pribadi untuk saya sendiri sih...hehehe karena pasti sudah banyak yang tau juga :D

1. Buat sketch di atas kain dengan pensil

2. Tutup bagian-bagian yang nantinya direncanakan akan berwarna putih dengan lilin yang sudah
diencerkan, menggunakan canting (note-to-self: pegang canting ke arah atas, karena kalau miring ke bawah, lilin nya tumpah, sakitnya seperti...lumayannnnn XD)

3. Setelah selesai menutup bagian-bagian yang diinginkan dengan lilin, lakukan hal yang sama di sisi
kain sebaliknya (kalau pemalas, katanya sih ketika menggoreskan canting, lakukan pelan-pelan supaya lilinnya tembus...huehehe)

4. Setelah kedua sisi tertutup dengan sempurna,
kain direndam di air dingin 5 menitan

5.
Masukan ke dalam naftol sambil dikucek-kucek sedikit

6.
Masukin ke dalam garam pewarna yang sudah dilarutkan, kalau mau bikin warna sekunder, setelah dimasukkan ke dalam warna pertama, masukin lagi ke dalam naftol, lalu masukin ke dalam warna kedua.

7.
Bilas dengan air dingin dan rendam lagi 5 menitan

8.
Rendam dalam air panas sampai lilin nya rontok semua

9.
Bilas air dingin lagi, jemur sampai kering :)

Menyenangkaaannn...mau lagi ah kapan-kapan! :D


No comments:

Post a Comment