January 06, 2011

Mau jadi apa 5 tahun mendatang?

“...Trus gw ditanya, ‘Dalam 5 tahun mendatang, kamu mau jadi apa?’, gw bingung jawabnya, cil...ini pertanyaan yang gak pernah bisa gw jawab dari dulu.”

Sepenggal kalimat seorang teman di telepon tiba-tiba ikutan membuat saya galau kemarin. Hehehe. 5 taun mendatang mau jadi apa? Apa ya? Saya juga gak bisa jawab. Siapa yang tau apa yang bakal terjadi 5 taun mendatang? Apakah saya masih hidup atau enggak aja, gak ada kepastian.

Anyway, this question was glued on my mind since yesterday. What will i be in the next 5 years?

Ini sama ketika pas jaman smp-kuliah ditanya cita-citanya apa. Bingung. Mau jadi apa? Padahal dulu pas masih piyik, ini pertanyaan paling gampang yang bisa saya jawab. Saya mau jadi dokter (jawaban paling standar tapi paling keren di kalangan anak-anak TK dulu :p). Mau jadi astronot. Detektif. Pelukis. Pemain sirkus. hehehe :p

Tapi mulai SMP-SMA, tiba-tiba pertanyaan ini jadi sulit. Cita-citanya apa?

......Apa ya?
Kalo jawab pelukis, pasti ditanya “Hah? Mau makan apa ntar? Dapet duit darimana?”
Kalo jawab astronot, gak mungkin. Secara pelajaran IPA dan geografi dulu nilainya doremi, bisa diketawain orang-orang.
Apalagi jawab jadi detektif atau pemain sirkus. Bisa ditebak, orang yang nanya pasti akan memandangi saya dengan tatapan ini-anak-waras-gak-sih.

Awal kuliah, saya punya template jawaban standar untuk pertanyaan ini.
“Jadi desainer grafis”
Ya iyalah secara kuliahnya desain grafis, kurang jelas apalagi coba. Padahal waktu itu, apa yang dilakukan desainer grafis, enggak ngerti juga :p Tadinya saya pikir jawaban ini cukup untuk membungkam orang-orang yang nanya. Tapi ternyata...it led to other questions : “Desainer grafis itu ngapain?” “Yang kerjanya gambar rumah ya?” “Duitnya emang gede?” dan sejuta pertanyaan lainnya. doh!
People.just.can.never.be.satisfied.

Pas masuk kerja sebagai junior art director, ditanya sama HRD, dalam 5 tahun mendatang mau jadi apa. Lama-lama saya merasa pertanyaan ini kayak hantu, selalu ngikutin kemana-mana. Terpaksa deh boong-boong dikit.
“Ya moga-moga bisa jadi creative grouphead atau seenggaknya senior art director yang disenangi klien dan menang banyak award...bla bla bla bla”
Padahal dalam hati sih nyaut dengan nyolot “Kok lo pede banget gw mau kerja disini sampai 5 tahun kedepan?” hehehehehehe :p

Bener kan, kurang dari 5 tahun, saya udah memutuskan jadi freelancer. Anehnya, sekarang saya bingung lagi kalau ditanya 5 tahun mendatang mau jadi apa. Biasanya sih jawaban klise : “pengen hepi terus aja”.

Seorang teman sekantor dulu pernah bilang kalau saya harus bikin blueprint buat diri sendiri. Punya target. Otherwise my life would be wasted.
Saya balik nanya, emang dia tau dia bakalan jadi apa dalam 5 tahun mendatang.
“Tau”, katanya. “Jadi musisi”.
Gak puas, saya tanya lagi “Kalo lo mau jadi musisi, kenapa lo ngabisin bertaun-taun di advertising agency kemaren?”
Dan dia bilang, dalam idup lo, harus ada trial and error. Dulu dia yakin cita-citanya di advertising. Tapi setelah dijalanin, ternyata bukan. “It’s okay to have this trial and error in your life until you find what are you really looking for”, katanya.

Kemarin, pertanyaan itu datang menghantui saya lagi. Dan sampai hari ini, saya tetap gak bisa jawab. Tapi setelah mikir-mikir, saya rasa, jawabannya ada di trial and error yang disebut-sebut tadi. Our life, is simply about trial and error. Seandainya pun ada orang yang berhasil menggapai mimpinya, saya yakin suatu saat dia akan sampai pada titik jenuh, and he would have to invent another dream to go for, and feel alive again. Don’t be afraid to die trying to pursue your dreams, because that’s what a dream costs. That expensive. Bener gak?

My friend Chatrin wrote on her journal, that her 2011 resolution is “to want something badly enough”. I think that’s the best resolution i’ve ever read so far :)
To want something badly enough. Because that is what keeps you alive. That keeps you go on running and fighting and keeps the blood in your veins flowing. Whether that’s the right destination or not, the best thing for you or not, you can only know if you had walk the path :)

Saya punya jawaban pribadi yang saya pikirkan selama semalaman kemarin. Hehehe.
I want to be the best this life could offer me to be. And who knows what life can offer? :)

Sorry to begin this year with tons of rants :p (Maklum, labil, jadi suka nyampah di blog hehehe) Next post will be a new work. Promise :)

Jadi? Kamu mau jadi apa dalam 5 tahun mendatang? :D
(Kalau menghadapi pertanyaan ini dalam interview kerja dengan HRD, jawaban terbaik saya contek dari mbak Dina Riyanti : “I want to be YOUR BOSS” hahahah)

Have a nice day all! :)

14 comments:

  1. Hear hear!!! Gue kira cuma gue yang cita2nya beda mulu :D Alhamdulillah begitu tercapai, time to make a new one!!! I agree that's the only way you feel alive. Cuuuuuup!

    ReplyDelete
  2. hihihi, sial aq jd ikutan kepikiran nih, mo jd apa ya aq 5 tahun ke depan?
    eh tp suka loh bacanya, jd bikin keikiran buat nyaiapin rencana-rencana berikutnya! :D

    ReplyDelete
  3. @ mbak Amesh : i know you'd be one of they who would understand *hugs*

    @ Perez : ahahaha galau menulaaar :)) yuk bikin blueprint :D

    ReplyDelete
  4. nice post cecil. sy jg belon tau mau jd apa 5 thn mendatang. tp yg pasti sy akan terus berjuang utk mengurangi tekanan dlm diri sndr... :)
    oh ya, happy new year.. :)

    ReplyDelete
  5. Cecil I got my card in the mail and it is so beautiful! I love how the houses stand out. Thank you so much. I love it! <3

    "to want something badly enough" - wonderful.

    ReplyDelete
  6. @Sara : whattt?!? i sent them on Dec 10th and it takes a month to get to you? oh god, you just can't rely on indonesian postal service -_-"
    Really sorry Sara but i'm glad they reached you anyway :D *hugs*

    ReplyDelete
  7. pertanyaan sulit ciel..:D
    jadi kepikarn tapi juga belum ada jawaban

    ReplyDelete
  8. hehehe 'i want to be your boss' itu bikin melek di pagi hari bacanya, cil :D

    ReplyDelete
  9. CECIIILLLLL!!! update ur blog...
    mau liat ur new amazing illustration!!
    ^_^

    ReplyDelete
  10. Cecil,

    Thanks for stopping by my blog~~I shall return and read/translate yours. Love you fun illustrations!
    It is interesting that a rant in any language can be recognized! :D Or maybe it is because I do that so much! (probably toooo much! haha!)

    XXOO~~♥
    Anne

    ReplyDelete
  11. What's this?? All this talk about life and dreams? Wohohoho... scary stuff, ey? Well, I think about that a lot, sayangnya 5 tahun, 10 tahun lewat, aku kadang lupa dulu aku pengennya hidupku gimana! Hehehe...

    Anyway, got an award for you at my blog. Come see? oxx

    ReplyDelete
  12. eww... dalem banget, jepp!!! salam kenal cecil! postingnya jadi ngasih pe er banget deh:) ganbatte!!!

    ReplyDelete
  13. Ce-i!!! Kayanya gua harus subscribe blog elo deh... Rugi banget ketinggalan post2 kaya gini!!!

    ReplyDelete
  14. hahaha... 5 tahun jadi bilang aja jadi kepala dari suatu departemen gan

    ReplyDelete